Soal & Jawaban PPKN "Menapaki Jalan Terjal Penegakan Hak Asasi Manusia"
Rabu, 11 Oktober 2017
SOAL PILIHAN GANDA!
1. HAM merupakan seperangkat hak yang
melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai mahluk Tuhan dan merupakan
anugerah yang harus dijunjung tinggi, dihormati, serta dilindungi oleh negara,
pemerintah, hukum, dan setiap orang. Pengertian HAM tersebut merupakan
pengertian menurut ...
a. Aristoteles
b. Komisi HAM
PBB
c. John
Locke
d.
Koentjoro Poerbopranoto
e. UU No. 39 tahun 1999
2. HAM berkaitan dengan hak
kemerdekaan, hak hidup, dan hak unyuk mempunyai sesuatu yang tidak boleh
diganggu gugat, karena ....
a. sudah
dibawa manusia sejak lahir
b. diturunkan
dari orang tua
c. bersifat
ekslusif dan sangat pribadi
d. dibawa
manusia sejak lahir sebagai anugerah tuhan
e. merupakan
eksistensi manusia yang bermartabat
3. Berikut ini yang merupakan contoh pelaksanaan HAM dalam
bidang sosial dan budaya yaitu ....
a.
Mengembangkan kebudayaan
b. Memperoleh
pendidikan secara gratis
c. Memperoleh
pengajaran serta mengembangkan kebudayaan
d. Memperoleh
pengajaran
e. Memilih
perguruan tinggi
4. Faktor aparat dan penindakannya
adalah salah satu hambatan dalam penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia,
yaitu berupa ....
a. Tidak taat
asas dan aturan
b. Waktu yang
belum optimal
c. Prosedur
kerja yang terbagi-bagi
d. Tingkat
pendidikan yag heterogen
e. Sering
memberi kemudahan
5. Salah satu upaya penghormatan dan
penegakan Haka Asasi Manusia di Indonesia, yaitu dengan dibuatnya peraturan
perundang-undangan tentang HAM yang diatur dalam ....
a. UU Nomor 26
Tahun 2000
b. UU Nomor 5
Tahun 1998
c. Keputusan
Presiden Nomor 181 tahun 1998
d. UU Nomor 39
Tahun 1999
e. Keppres
Nomor 129 Tahun 1999
6. Berikut ini merupakan kejahatan
berat yang menjadi keprihatinan masyarakat internasional yaitu ....
a. Pelecehan
nama baik kepala negara
b.
Genocida
c. Pencurian
uang di bank internasional
d. Sindikat
narkotika dan obat-obatan terlarang
e. Pembunuhan
terhadap orang asing
7. Bentuk perhatian pemerintah
terhadap penegakan HAM di Indonesia yaitu ....
a. Mengekang
pengunjuk rasa dengan menggunakan kekerasan
b. Memilih
jaksa agung yang berani
c. Memasukkan
pendidikan kewarganegaraan di sekolah
d.
mengembangkan kebebasan pers
e. Membentuk
pengadilan HAM dan Komnas HAM
8. Contoh kejahatan kemanusiaan yang
berat salah satunya yaitu politik perbedaan warna kulit pernah diterapkan di
Afrika Selatan yang dinamakan ....
a. Apartheid
b. Genocida
c. Projustisia
d. Aneksasi
e. Koneksitas
9. Piagam HAM sedunia terdapat pada
....
a. Universal
Declaration of Human Right
b. Bill of
Right
c. Magna
Charta
d. Declaration
of Independence
e. Declaration
des Droit de L’homme et du
10. Penanganannya kejahatan berat
yang berskala internasional menjadi tanggung jawab …
a. Mahkamah
Internasional
b. Dewan
Keamanan PBB
c. Pemerintah
negara tempat peristiwa
d. Pemerintah
negara pihak yang menjadi korban
e. Pemerintah
negara-negara didunia
11. Perlindungan, penegakan,
pemajuan, dan pemenuhan HAM merupakan tanggung jawab negara, khususnya
pemerintah. Hal tersebut tertuang dalam UUD 1945 pasal ....
a. 28 J ayat 1
b. 29 ayat 2
c. 28 I ayat 5
d. 28 J ayat 2
e. 28 I ayat 4
12. Kedudukan Mahkamah Internasional
untuk mengadili kejahatan internasional yaitu di ....
a. Paris,
Perancis
b. Tokyo,
Jepang
c. Den Haag,
Belanda
d. Sarajevo,
Yugoslavia
e. New York, AS
13. Majelis Umum PBB mengeluarkan
deklarasi HAM sebagai upaya penghormatan, pemajuan, dan penegakan HAM yang
dijadikan sebagai hari HAM sedunia yaitu pada tanggal ....
a. 10 November
b. 11 Desember
c. 21 April
d. 15 Desember
e. 10 Desember
14. Di bawah ini merupakan empat HAM
yang disampaikan FD Roosevelt, kecuali ....
a. Hak
mencukupi kebutuhan
b. Hak
mengeluarkan pendapat
c. Hak untuk
berorganisasi
d. Hak
menganut agama
e. Hak bebas
dari rasa takut
15. Berikut ini merupakan contoh
sikap menghormati pelaksanaan Hak Asasi Manusia yang sesuai dengan nilai
Pancasila, yaitu ....
a. Cinta
sesama
b. Melakukan
musyawarah untuk mufakat
c. Kerja keras
dengan terpaksa
d. Cinta tanah
air dan bangsa
e. Menikmati
hasil karya orang lain
16. Dalam kehidupan sehari-hari, Hak
Asasi Manusia yang sesuai dengan nilai Pancasila yaitu...
a. Memiliki
martabat yang luhur
b. Diberi
kebebasan dalam memiliki harta
c. Kebebasan
dalam mengemukakan pendapat
d. Hak memeluk
agama tanpa batasan
e. Melakukan
perubahan sesuai ajaran agama
17. Pembentukan Komnas HAM di
Indonesia sesuai dengan dasar hukum berupa ….
a. Keputusan
Presiden No 10 Tahun 1997
b. PP No 30
Tahun 1993
c. Inpres No
50 Tahun 1994
d. Keputusan
Presiden No 50 Tahun 1993
e. Keputusan
Presiden No 20 Tahun 1993
18. Di Indonesia, salah satu hambatan
dalam penegakan HAM yang berupa prinsip sipil yaitu ....
a. Jaksa
penuntut yang berpengalaman menangani kasus belum ada
b. Ekonomi
masyarakat masih lemah
c. Hakim tidak
bisa menentukan kesimpulan tentang pelanggaran HAM
d. Lemahnya
kesadaan hukum bagi masyarakat
e. keberanian
masyarakat untuk melapor pelanggaran HAM masih rendah
19. Di bawah ini yang tidak termasuk
contoh hak asasi dalam bidang politik adalah ….
a. Hak
memiliki sesuatu
b. Hak ikut
serta dalam pemerintahan
c. Hak dipilih
dalam Pemilihan Umum
d. Hak memilih
dalam Pemilihan Umum
e. Hak
mendirikan parpol
20. Berikut ini yang termasuk lembaga
perlindungan Hak Asasi Manusia di Indonesia yaitu ….
a. PGRI
b. PWI
c. ICW
d. KORPRI
e. KONTRAS
21. Piagam HAM tertua di dunia yaitu
….
a. Habeas
Corpus Act
b. Bill of
Rights
c. Magna
Charta
d. Petition of
Rights
e. Universal
Declaration of Human Rights
22. Bahan-bahan hasil temuan Komisi
HAM PBB mengenai pelanggaran HAM Internasional oleh suatu negara anggota PBB,
kemudian disampaikan kepada ….
a. Dewan
Keamanan PBB
b. Sidang Umum
PBB
c. Dewan
Ekonomi dan Sosial
d. Sekretais
Jenderal PBB
e. Mahkamah
Internasioanl
23. Negara Indonesia sebagai anggota
PBB memiliki tanggung jawab moral untuk ….
a. Memboikot
berbagai barang dari negara-negara bekas penjajah
b. Membantu
negara-negara terjajah
c. Mendukung
perjuangan negara-negara yang masih dijajah
d.
Mengingatkan negara-negara bekas penjajah
e. Mengakui
dan menghormati Piagam HAM sedunia
24. Di bawah ini yang tidak termasuk
pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia yaitu ….
a. Kasus di
Papua
b. Peristiwa
Tanjung Priok
c. Daerah
Operasi Militer di Aceh
d. Haur Koneng
di Tasikmalaya
e.
Penggulingan Soeharto
25. Perkara kejahatan internasional
yang tidak ditangani oleh ICC (International Criminal Court) yaitu ….
a. Genosida
b. Terorisme
c. Kejahatan
perang dan agresi
d. Kasus-kasus
Pelangaran HAM
e. Kejahatan
kemanusiaan
26. Berbagai prinsip yang ada dalam
Pancasila dan UUD 1945 yaitu menjunjung tinggi HAM, artinya negara ....
a. Melindungi
HAM
b. Menghormati
hak dan persamaan
c. Patriotisme
dalam perjuangan
d. Mengakui
dan menghormati HAM
e. Menjamin
HAM
27. Setiap orang mempunyai hak untuk
hidup dan mempertahankan hidup. Hal tersebut diatur dalam UUD 1945 pasal....
a. 27 ayat 1
b. Pembukaan
c. 28
d. 28 A
e. 28 C
28. Setiap individu mempunyai hak
asasi, yaitu salah satunya hak untuk dilindungi dalam keadaan normal atau
dinamakan juga dengan ....
a. DUHAM
b. Derogable
rights
c. By omission
d. By
comission
e. Non
derogable rights
29. Salah satu tantanga negara
Indonesia dalam penegakan HAM yaitu masih adanya ”kejahatan terhadap
kemanusiaan”, yaitu ....
a. Memindahkan
paksa kelompok tertentu
b. Membunuh
anggota kelompok tertentu
c. Pemindahan
penduduk secara paksa
d. Membuat menderita
kelompok tertentu
e. Pemusnahan
fisik sebagian/seluruhnya
30. Hal-hal yang masih menjadi
keprihatinan bangsa-bangsa beradab di dunia saat ini adalah masalah-masalah
mengenai ....
a. HAM,
Perlombaan senjata, dan demokrasi
b. HAM,
Demokratisasi, dan perdagangan
c. HAM,
terorisme, dan lingkungan
d. demokrasi,
HAM, dan kelestarian lingkungan
e. Lingkungan,
demokrasi, dan keterbelakangan
31. Pengakuan dan perlindungan HAM
memiliki arti bahwa ...
a. Setiap
manusia mempunyai persamaan kedudukan dalam hukum
b. Negara
menjamin setiap warga Negara
c. Setiap
tindakan harus sesuai dengan HAM
d. Hukum yang
mengatur HAM
e. Persamaan
di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya
32. Pemerintah membentuk lembaga
Komnas HAM alasannya yaitu …
a. menegakkan
masalah HAM di Indonesia
b. Demi
kepentingan bangsa dan negara
c. Sudah ada
perjuangan Hak Asasi Manusia sejak dulu kala
d. Karena
negara Indonesia berdasarkan HAM
e. Karena Hak
Asasi Manusia merupakan hak manusia sejak lahir
33. Pelanggaran HAM dibagi menjadi pelanggaran
HAM ringan dan berat. Berikut ini contoh kasus pelanggaran HAM ringan yaitu ….
a. Penembakan
mahasiswa di Trisakti
b. Kasus
pencurian
c. Tragedi
semanggi berdarah
d. Kejahatan
genosida
e. Daerah
operasi militer di Aceh
34. Makna yang dalam Pasal 29 Ayat 2
UUD 1945 yaitu ...
a. Negara yang
rakyatnya beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
b. Hanya ada 5
agama yang diakui oleh negara
c. Adanya
jaminan hukum kebebasan dalam beragama oleh negara
d. Negara
berdasar atas Ketuhanan YME
e. Kebebasan
untuk rakyat untuk tidak memeluk suatu agama
35. Perhatikan uraian berikut:
1) Lahirnya NKRI
2) Titik tolak pelaksanaan Amanat
Penderitaan Rakyat
3) Puncak perjuangan pergerakan
kemerdekaan Indonesia
4) Pernyataan bangsa Indonesia
sebagai bangsa yang berdaulat
5) Bentuk akhir perjuangan bangsa
melawan kaum penjajah
Berdasarkan uraian tersebut, yang
merupakan
hakikat dari Proklamasi Kemerdekaan
ditunjukan nomor ...
a. 2, 4, dan 5
b. 1, 2, dan 3
c. 1, 2, dan 4
d. 1, 2, dan 5
e. 1, 3, dan 3
36. Pembukaan UUD Tahun 1945 tidak
bisa diubah oleh siapa pun, karena dengan mengubahnya pada dasarnya ...
a. Pembubaran
terhadap perjanjian luhur bangsa
b. Pembubaran
Negara Proklamasi
c.
Pengingkaran terhadap dasar negara
d.
Pengkhianatan terhadap negara
e.
Pengingkaran terhadap negara dan bangsa
37. Alinea pertama Pembukaan UUD 1945
menunjukkan dalil objektif, maknanya …
a. Aspirasi
bangsa Indonesia didalam membebaskan diri dari penjajah
b. Momentum
perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia
c. Negara
melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
d. Kemerdekaan
Indonesia merupakan tujuan akhir dari perjuangan bangsa
e. Penjajahan
di atas dunia tidak sesuai dengan perikemanusiaan
38. Makna yang termuat dalam
Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yaitu …
a. Motivasi
nyata bangsa Indonesia mendambakan kehidupan yang layak
b. Susunan
negara, fungsi serta tujuan negara RI
c. Momentum
yang harus dimanfaatkan untuk menyatakan kemerdekaan
d. Memotivasi
spiritual yang luhur yang bersifat religius
e. Pengukuhan
pernyataan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia
39. Hubungan antara pokok pikiran
pertama Pembukaan UUD 1945 dengan Pembangunan Nasional yaitu …
a. Pembangunan
nasional berjalan lancar apabila dilandasi keadilan bagi seluruh rakyat
Indonesia
b. Berhasilnya
pembangunan nasional dipengaruhi oleh cita-cita moral rakyat yang luhur
c. Berhasilnya
pembangunan nasional dipengaruhi nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab
d. Pembangunan
nasional berjalan lancar apabila didasarkan pada musyawarah untuk mufakat
e. Berhasilnya
pembangunan nasional sangat ditentukan oleh persatuan segenap bangsa Indonesia
40. Suatu pembatasan , pelecehan atau pengucilan yang
langsung maupun tidak langsung didasarkan pada pembedaan manusia disebut
- Pelanggaran HAM
- Penganiayaan
- Penyiksaan
d.
Diskriminasi
e. Kejahatan Genosida
Kunci Jawaban Soal
1. E
11. E 21. C 31. C
2. D
12. C 22. E 32. A
3. C
13. E 23. E 33. B
4. A
14. C 24. E 34. C
5. D
15. B 25. B 35. B
6. B
16. C 26. D 36. B
7. E
17. D 27. D 37. E
8. A
18. E 28. B 38. B
9. A
19. A 29. D 39. C
10. A
20. E 30. C 40. D
SOAL ESSAI
1. Apa yang dimaksud dengan pelanggaran Hak
Asasi Manusia (HAM)?
2. Mengapa terjadi pelanggaran HAM?
3. Jelaskan 3 bentuk pelanggaran HAM berat!
4. Mengapa penegakkan HAM itu penting
dilakukan di Indonesia?
5. Jelaskan upaya pemerintah dalam
menegakkan Hak Asasi Manusia!
6. Mengapa kita
harus menghormati hak asasi orang lain?
7. Berikan contoh
hak siswa disekolah!
8. Berikan contoh
kewajiban siswa disekolah!
9. Identifikasikan
yang termasuk hak-hak politik !
10. Menurut pendapat
anda, mengapa larangan bersekolah merupakan bentuk pelanggaran HAM?
Jawaban
Soal ESSAY
1. Hak
dasar yg dimiliki manusia sebagai anugerah Tuhan, melekat sejak lahir.
Perwujudannya tidak bisa mutlak, karena akan mengganggu hak orang lain. Hak
asasi selalu berbatasan dengan hak orang lain.
2. a. Sikap egois : Sikap yang mementingkan diri sendiri.
b. Rendahnya kesadaran HAM :
Tidak tahu kalau orang lain juga punya hak
c. Sikap tidak toleran : Sikap diskriminasi tehadap orang lain.
d. Penyalahgunaan
kekuasaan : Penyalahgunaan kekuasaan.
e. Ketidaktegasan aparat
hukum : Sanksi yang diberikan kurang
tegas.
f. Penyalahgunaan
teknologi : Teknologi untuk tidak
kejahatan.
g. Kesenjangan sosial dan
ekonomi yang tinggi : Ketidakseimbangan
derajat.
3.
a. Genosida : Setiap perbuatan
yang bertujuan menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian ras,
kelompok etnis, agama dengan cara membunuh atau menyiksa.
b. Pemerkosaan : Perbudakan seksual, pelacuran secara paksa,
pemaksaan kehamilan, pemandulan
dll.
c. Agresi : Segala
bebtuk perilaku yang di maksudkan untuk menyakiti orang lain secara fisik maupun mental.
4. Penegakan HAM di Indonesia
sangat penting untuk dilakukan agar tidak ada perselisahan atau permusuhan
antar golongaan, suku maupun agama yang bergaram di Indonesia. Nantinya
perselisihan ini akan berujung pada perang dan perpecah-belahan.
5. a. Pembentukan komnas HAM :Komnas HAM dibentuk pada
tanggal 7 Juni 1993
b. Pembentukan instrumen HAM : Merupakan alat untuk menjamin
proses perlindungandan penegakkan HAM.
c. Pembentukan pengadilan HAM : Pengadilan HAM dibentuk
berdasarkan UU RI no 26 th 2000.
6. Karena hak
asasi berkaitan dengan keadilan dan kesejahteraan hidup manusia. Jika kita
tidak dapat menghormati hak asasi orang lain, maka pasti akan terjadi
ketimpangan atau ketidakadilan dalam masyarakat.
7. a. Mendapatkan pengajaran dari guru.
b. Mendapatkan kesempatan berpendapat.
c. Mendapatkan kesempatan dipilih dan memilih (peng- urus
kelas/sekolah).
8. a. Patuh pada aturan sekolah.
b. Patuh pada nasihat guru.
c. Menghormati segala bentuk perbedaan di sekolah.
9. a. Hak menjadi warga negara suatu
negara.
b. Hak dipilih dan memilih.
c. Hak mengikuti atau mendirikan partai politik.
10. Larangan bersekolah merupakan bentuk
pelanggaran HAM ringan karena setiap manusia
mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan, termasuk juga di dalamnya hak untuk mengembangkan kebudayaan
dan hak untuk mengembangkan iptek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar